Selasa, 05 Februari 2013

Suplemen vitamin C sebabkan batu ginjal pada pria


Reporter : Kun Sila Ananda
Selasa, 5 Februari 2013 16:47:00
Suplemen vitamin C sebabkan batu ginjal pada pria

Batu ginjal. ©2012 Merdeka.com
0
 
Jangan sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin. Sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen vitamin C memiliki risiko terkena batu ginjal lebih tinggi dibandingkan pria yang tidak mengonsumsi suplemen vitamin C.

Penemuan ini bukan berarti suplemen vitamin C bisa menyebabkan penyakit batu ginjal. Namun peneliti menunjukkan bahwa tak ada manfaat pasti yang bisa didapatkan seseorang dengan mengonsumsi suplemen vitamin C dalam dosis tinggi. Terutama pada orang yang pernah memiliki riwayat penyakit batu ginjal.
"Aku tak akan mengatakan pada pasien bahwa suplemen vitamin C membuat mereka terkena batu ginjal. Namun seringkali aku bertemu dengan pasien yang mengonsumsi suplemen vitamin tambahan, tanpa ada manfaat pasti yang mereka dapatkan. Aku akan menyarankan orang yang pernah terkena penyakit batu ginjal untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin C," ungkap Dr brian Matlaga, urolog di John Hopkins Medicine, Baltimore.
Penelitian yang dipimpin oleh Laura Thomas dari Karolinska Institutet di Stockholm menggunakan data penelitian besar pada pria Swedia selama 11 tahun. Analisis ini melibatkan 907 pria yang mengaku mengonsumsi suplemen vitamin C dan lebih dari 22.000 orang yang tidak mengonsumsi suplemen apapun.
Pada pengguna vitamin C, sekitar 3,4 persen memiliki batu ginjal selama penelitian berlangsung, dibandingkan dengan 1,8 persen pada orang yang tidak menggunakan suplemen apapun. berdasarkan penelitian ini, pria yang mengonsumsi suplemen vitamin C sehari sekali memiliki risiko terkena penyakit batu ginjal yang lebih tinggi.
"Penggunaan vitamin C secara berlebihan telah lama dicurigai berkaitan dengan penyakit batu ginjal, karena beberapa bagian vitamin C yang diserap tubuh akan dikeluarkan melalui urin sebagai oksalat, salah satu komponen batu ginjal," ungkap Thomas, seperti dilansir olehReuters (04/02).
Batu ginjal terbuat dari kristal kecil yang terbentuk dari kalsium serta oksalat. Biasanya mereka akan keluar dengan sendirinya, namun akan menyebabkan rasa sakit. Sementara batu ginjal yang berukuran besar tak bisa dikeluarkan tanpa operasi.
Namun tentu saja, semuanya tergantung pada kebutuhan nutrisi seseorang. Jika suplemen vitamin C memang dibutuhkan, maka tak masalah. Namun penggunaan vitamin C yang sebenarnya tak dibutuhkan, terutama dalam dosis tinggi bisa memicu terbentuknya batu ginjal pada pria.
Matlaga menjelaskan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui seberapa besar dosis yang aman untuk dikonsumsi, serta penggunaan vitamin C seperti apa yang bisa meningkatkan risiko batu ginjal.
[kun]

Smber : http://www.merdeka.com/sehat/suplemen-vitamin-c-sebabkan-batu-ginjal-pada-pria.html

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com