Selasa, 29 Januari 2013

Maknyuss, Warung di Babahrot Sediakan Gulai Ikan Air Tawar Serba Komplit


BLANG PIDIE – Berada di Simpang Alue Jambe Gampong Gunung Samarinda, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Blang Pidie, warung nasi Bang Man terlihat sangat sederhana. Untuk sampai ke warung ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Kota Blang Pidie, atau sekitar 15 menit dari perbatasan Kabupaten Nagan Raya.
Meski sederhana warung nasi Bang Man termasuk yang difavoritkan oleh warga. Bila kita datang ke sana pada jam-jam makan  maka akan terlihat antrian pengunjung. Warung ini dibuka sejak tahun 1998 silam, hanya hanya menyediakan menu-menu ikan air tawar. Andalah utamanya adalah gulai lele atau gulee seungkoe.
Warung ini buka setiap hari kecuali Jumat. Biasanya pengunjung mulai datang sejak pukul 10.00 hingga 13.00 wib. Setiap hari kata Sulaiman, atau bang Man, pemilik warung tersebut ia bisa menghabiskan hingga 13 kg ikan lele dan 22 bambu beras.
Lele-lele yang diolah bang Man merupakan lele liar yang didatangkan dari Tripa, Kabupaten Nagan Raya. Lele liar tersebut kanya memiliki cita rasa yang lebih gurih, ini dilakukannya demi menjaga kualitas makanan di warungnya. Pernah ia mencoba mengolah lele yang diternak namun pelanggannya sering kecewa.
Meski sederhana warung ini ramai disinggahi tamu-tamu pemerintah maupun LSM. Amatan The Atjeh Post, Selasa, 30 Oktober 2012 kemarin, beberapa karyawan bank dan pekerja lain sengaja datang ke sana untuk makan siang. Karena tempat duduknya terbatas tak sedikit di antara mereka yang terpaksa mengantri.
Selain gulai lele di sana juga ada gulai udang, gulai ikan kerling, dan gulai belut, Untuk sayur ada beberapa macam seperti tumis pakis, daung singkong santan dan rebus. Sejak dulu kata Bang Man pejabat-pejabat di Abdya sering datang ke sana untuk makan siang. Mantan Bupati Akmal Ibrahim juga pernah mengajak mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf untuk makan di sana.
Ketua DPRK Abdya yang sekarang katanya juga sering makan di sana kalau kebetulan sedang berkunjung ke Babahrot.
“Beberapa waktu lalu saat Mualem tiba berkunjung ke Abdya saya juga mengantarkan gulai ikan kerling ke pendopo,” katanya.
Seporsi gulai lele rata-rata dijual dengan harga Rp 15 ribu, sedangkan ikan kerling dihargai Rp 30 ribu.[] (ihn)

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com